Cara Gampang Mengetik Dengan 10 Jari

Mengetik  dengan 10 jari merupakan salah satu keahlian yang sebaiknya dimiliki para penguna dan pekerja yang menggunakan komputer maupun orang umum yang sering membuat tulisan dengan mesin ketik atau dengan komputer.

Dengan Menguasai Teknik Mengetik 10 Jari Anda Akan Mendapatkan Beberapa Manfaat Seperti:

  1. Hemat Waktu: Dengan memakai 10 jari tentu cara mengetik akan lebih cepat sehingga pekerjaan cepat selesai dan hemat waktu.
  2. Papan ketik keyoboard lebih awet: Dengan memakai 10 jari dengan teknik sistematis membuat tekakan pada tombol lebih merata sehingga lebih awet.
  3. Melancarkan peredaran darah pada tangan, entah yang ini benar atau tidak tetapi setelah saya belajar mengetik 10 jari rasanya jari-jari tangan tidak kaku lagi.
  4. Mempermudah dapat pekerjaan, ternyata banyak juga perusahaan yang mensyaratkan bisa mengetik 10 jari untuk para calon karyawan yang melamar, mungkin karena faktor efisiensinya.
  5. Membuka jasa mengetik atau berjualan artikel pada para blogger atau bahkan sobat bisa menjadi blogger itu sendiri.




Yang pertama harus anda lakukan adalah meletakan tangan anda di atas keyboard atau papan ketik lalu sesuaikan jari – jari anda seperti pada gambar dibawah




Berikutnya yang harus anda lakukan adalah menghafal huruf apa saja yang boleh di ketik oleh jari – jari tangan kanan dan kiri anda.
Untuk pemula di awal-awal belajar mengetik 10 jari akan terasa susah, karna jari – jari kita masih kaku dan belum terbiasa untuk mengetik 10 jari, apalagi pada bagian jari kelingking, pasti akan terasa kaku dan sulit.

Untuk memperlancar dan membiasakan jari tangan, silahkan anda mengikuti latihan-latihan berikut ini :

Latihan Mengetik Manual

Belajar mengetik secara manual bisa kita lakukan dengan belajar mengetik kata berikut ini:
The quick browns fox jump over the lazy dog
Blowzy red vixens fight for a quick jump
Latihan Mengetik Menggunakan Software

Ada banyak software berbayar maupun yang gratis yang bisa anda pakai tetapi saya lebih menyarankan yang gratis saja karena walaupun gratis software berikut tidak kalah dengan yang berbayar.

  1. Rapid Typing Tutor download disini
  2. Stamina Typing Tutor download disini
  3. Kiran's Typing Tutor download disini

Latihan Mengetik Secara Online

layanan online yang bisa dipakai untuk belajar sekaligus dapat mengukur kemampuan mengetik anda misalnya :


Latihan Mengetik Menggunakan Game

Bosan dengan cara manual atau bantuan software? Anda juga dapat belajar mengetik 10 jari dengan bantuan game yang lebih menyenangkan. Bisa juga untuk belajar adik atau anak anda sehingga mereka bisa belajar sambil bermain yang pastinya tidak membosankan dan lebih menyenangkan.
Berikut daftar game yang bisa digunakan:

  1. Typer Shark Deluxe (shareware) infonya disini
  2. 99 game mengetik secara online (freeware) disini

Dari keempat latihan diatas pastikan anda telah memahmi dengan benar posisi atau letak jari anda pada keyboard. 

Semoga artikel sederhana ini dapat bermanfaat bagi kita semua, jika ada kesalahan info dan cara, silahkan memberi kritik dan saran secara bijak dan jangan lupa tetap berkunjung di Blog ini :)