Cara Kerja Mesin Penelusur Google


Google baru saja meluncurkan sebuah situs baru yang mereka namakan "How Search Works".Dengan situs ini, para pengguna dapat mengetahui bagaimana rumitnya proses kerja dari layanan pencarian Google Search.
Dalam situs tersebut pula, para pengunjung dapat menemukan berbagai grafik dan animasi menarik. Melalui animasi itu, Google menjelaskan bagaimana proses pencarian dengan cara yang sangat mudah untuk dipahami.
Secara garis besar, ada tiga langkah yang dilakukan oleh sistem pencarian Google. Ketiga langkah tersebut adalah Crawling & Indexing, Algoritma, dan Fighting Spam.
Sistem Google akan memulai proses pencarian dengan mencari kata yang diinginkan oleh pengguna ke sekitar 30 triliun halaman situs yang ada di dunia maya.
Setelah selesai mencari, kata-kata tersebut akan dibuatkan indeks. Saat proses indexing selesai dikerjakan, proses algoritma yang super duper rumit akan mulai bekerja  dan memilah-milah konten mana saja yang diprediksi paling sesuai dan akhirnya sistem akan menampilkan hasilnya kepada pengguna.
Hebatnya, semua proses pencarian tersebut dilakukan dengan waktu supercepat, yaitu sekitar 1/8 detik saja.


Selain proses tersebut, Google juga menghadirkan beberapa slide yang menjelaskan bagaimana sistem tersebut mampu melawan situs berisikan spam atau juga pesan sampah. Dalam slide ini, Google mengungkapkan bagaimana cara mereka menghapus dan bagaimana pula cara mereka bertarung dengan spam.

Agar lebih jelasnya lagi, anda dapat langsung mengunjungi How Search Works. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua, jika ada kesalahan info dan penulisan silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjung di Blog ini :)

Sumber : Google