Tips dan Trik Menghemat Penggunaan Kuota Internet Pada Smartphone Android

Penggunaan paket data pada Smartphone Android sangat di anjurkan dikarenakan begitu banyak aplikasi yang membutuhkan dan tidak maksimal tanpa penggunaan paket data. Namun terkadang kuota yang disediakan terasa agak kurang dan cepat habis sehingga nantinya akan menyedot pulsa ketika kuota sudah habis. Sebenarnya borosnya penggunaan data sendiri tergantung dari perilaku penggunanya. Semakin sering kita menggunakannya untuk melakukan berbagai hal yang membutuhkan akses internet, semakin cepat pula kuota paket data akan berkurang. Agar tidak terjadi hal yang demikian (pulsa tersedot karena kuota habis) ada 2 solusi yang bisa anda jalankan. Yang pertama adalah mengatur batas lalu lintas data, lalu yang kedua tentu saja adalah menghemat penggunaan data itu sendiri.



Berikut saya akan memberikan beberapa tips untuk menghemat penggunaan kuota internet pada perangkat Android :

1. Nonaktifkan auto update (update otomatis) pada aplikasi Android anda

Pengguna tentu akan menginstall aplikasi tambahan pada perangkat Android, ukuran dari aplikasi tersebut bervariasi, mulai dari yang ukuran ratusan kilobyte hingga puluhan megabyte. Perkembangan aplikasi pada Android terbilang cukup cepat sehingga banyak aplikasi yang membutuhkan upgrade atau update. Maka dengan mematikan fitur update otomatis pada aplikasi dirasa sangat perlu untuk menghemat pemakaian data, karena update data bukanlah hal wajib

2. Kurangi berselancar didunia maya

Prinsipnya, semakin sering anda browsing maka semakin besar penggunaan data yang terpakai

3. Carilah jaringan WiFi jika ada

Saat ini begitu banyak tempat-tempat umum yang menawarkan wifi gratis. Manfaatkanlah layanan gratis tersebut.

4. Matikan auto sync jika tidak digunakan

Jika anda tidak terlalu membutuhkan pemberitahuan real time soal e-mail dan akun  - akun online lainnya, anda bisa mematikan fitur auto sync pada perangkat Android anda, karena jika tidak, sync ini akan menggunakan banyak kuota internet. Anda dapat melakukannya dengan masuk ke menu setting >> account & sync (akun & sinkronisasi) jadikan "OFF"


5. Buang widget cuaca dari home screen Android anda

Hampir semua perangkat Android akan menyertakan widget cuaca pada home screen nya. Widget tersebut akan membutuhkan akses data untuk memberikan informasi terbaru tentang cuaca. Meskipun tidak terlalu besar, namun tetap dapat mengurangi penggunaan paket data anda

6. Matikan aktifitas background data pada aplikasi yang tidak penting

Sebagian aplikasi Android akan "memakan" paket data yang anda gunakan di background atau dibalik layar. Untuk itu perlu kita lakukan "pembatasan" agar aplikasi tersebut tidak memakan paket data kita pada saat tidak digunakan. Berikut beberapa langkah mudahnya (untuk Android versi 4.0 ke atas) :

Langkah awal masuk ke menu setting kemudian pilih data usage (penggunaan data). Centang set mobile data limit seperti pada gambar dibawah ini.


Kemudian scroll ke bagian bawah, maka akan terlihat aplikasi apa saja yang menggunakan paket data. Dari aplikasi - aplikasi tersebut, carilah aplikasi yang sekiranya tidak berkepentingan dan ingin anda matikan aktifitas internet background nya. Perhatikan gambar di bawah ini.


Demikian Tips dan Trik Menghemat Penggunaan Kuota Internet Pada Smartphone Android, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, jika terdapat kesalahan info dan penulisan, silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjung di Blog ini :)