Cara Membuat Navbar Menjadi Transparan

Cara Membuat Navbar Menjadi Transparan - Hadirnya versi terbaru Android yaitu KitKat dengan tampilan baru dengan status dan navbar yang transparan. . Status bar adalah panel di bagian atas yang buat menampilkan jam, sinyal, wifi, dan segala notifikasi. Sedangkan navbar itu yang buat memasang tombol back, home, recent apps, dan sebagainya, letaknya di bagian bawah. Mungkin bagi sebagian orang ini tidak terlalu penting. Buat apa juga kalo jadi transparan? Ya, suka-suka yang pakai juga sih, sekedar ingin pakai tampilan yang beda dengan yang biasanya, saya pikir hal tersebut lumrah di Android. Kabar baiknya, Android mengijinkan para developer untuk mengubah semua bagian, termasuk status dan navbar.
Catatan : Cara ini diimplementasikan hanya pada Android yang sudah di Root
Karena Android sangat terbuka, maka developer membuat aplikasi untuk mengubah bagian-bagian tertentu, salah duanya adalah status bar dan navbar. Nama aplikasi tersebut adalah Xposed Framework dan didalamnya terdapat module bernama GravityBox, module inilah yang mampu mengubah status bar dan nav bar jadi transparan.

Cara instalasinya mudah, pastikan Android anda sudah di-root, lalu install Xposed Framework (link download), setelah itu buka aplikasinya dan install frameworknya lewat menu Framework, apabila telah selesai silakan reboot Android anda.

Cara Membuat Navbar Menjadi Transparan

Setelah Frameworknya beres, sekarang install module-nya, kemudian pilih menu Download dan cari “GravityBox”, sesuaikan dengan versi Android anda, karena beda antara yang buat Jelly Bean dan KitKat. Apabila sudah ketemu pilih download dan install module-nya.

Cara Membuat Navbar Menjadi Transparan

Selanjutnya buka menu Modules kemudian aktifkan GravityBox, dan reboot Android anda.

Cara Membuat Navbar Menjadi Transparan

Sekarang silahkan anda buka GravityBox-nya melalui app drawer dan atur status dan navbar mrnjadi transparan. Langkah terakhir, reboot Android anda.

Cara Membuat Navbar Menjadi Transparan

Dan lihat hasilnya

Cara Membuat Navbar Menjadi Transparan

Demikian Cara Membuat Navbar Menjadi Transparan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika terdapat kesalahan info dan penulisan, silahkan memberi kritk dan saran dan tetap berkunjung di AXOTECHNO™