Cara Screenshot Pada Berbagai Tipe Handphone Android

Bagi anda pengguna smartphone yang berbasis Android, pasti kata screenshoot atau screen capture sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Screenshot atau screen capture adalah proses mengambil gambar yang terdapat di layar handphone. Manfaat dan tujuannya sangat banyak entah itu untuk menandakan kejadian penting yang ada di layar anda ataupun untuk keperluan lainnya. Pada kesempatan kali ini saya akan bebagi tentang Cara Screenshoot Di Berbagai Tipe HP Android,



Berikut adalah tentang cara screenshoot berbagai tipe HP Androdi.

1. Samsung Galaxy Young, Galaxy Young Duos, Galaxy Mini, Galaxy Pocket dan Galaxy Star

Cara Screenshoot pada tipe handphone Samsung Galaxy berbeda yaitu dengan cara menekan tombol power dan tombol Home secara bersamaan, dan gambar hasil screenshoot dapat dilihat di Galeri pada folder screenshoot.

2. Sony Xperia

Melakukan Screenshot pada HP Sony Xperia dapat dilakukan dengan menekan tombol Volume Down (bawah) dan tombol Power secara bersamaan. Gambar hasil Screenshot langsung ditampilkan melalui panel pemberitahuan dan dapat dilihat pada Galeri.

3. Smartfren Andromax

Screenshot pada HP Smartfren Andromax adalah dengan cara menekan tombol Volume Down (bawah) dan tombol Power secara bersamaan. Gambar hasil Screenshot dapat anda lihat pada Galeri dalam folder Screenshoot.

4. Oppo Smartphone

Sama halnya dengan Smartfren Andromax Cara melakukan Screenshot pada HP Oppo Smartphone juga dengan cara menekan tombol Volume Down (bawah) dan tombol Power secara bersamaan. Gambar hasil Screenshot dapat dilihat pada Galeri dalam folder Screenshoot.

5. Lenovo Smartphone

Screenshot pada HP Lenovo Smartphone seperti Lenovo A369i adalah dengan cara menekan tombol Volume Down (bawah) dan tombol Power secara bersamaan. Gambar hasil Screenshot dapat anda lihat pada Galeri dalam folder Tangkapan Layar.

6. HTC Smartphone

Di perangkat HTC, mengambil screenshot Android tetap tertuju pada tombol home dan power. Tetapi, tidak dengan cara menekannya secara bersamaan, namun dengan menahan tombol power dulu, kemudian diikuti dengan tap pada tombol home secara cepat. Layar akan melakukan proses screenshot, dan Anda akan mendengar audio untuk pemberitahuan. Kemudian pesan muncul untuk mengonfirmasi jika screenshot telah disimpan.

7. LG Smartphone

Pada perangkat LG, kombinasi tombol tetap pada tombol volume dan power. Tekan dan tahan tombol tersebut pada waktu bersamaan hingga mendengar suara audio untuk menandakan proses screenshot telah dilakukan. Notifikasi juga akan muncul melalui menu notification setelah proses tersebut selesai. Selain itu, Anda juga dapat mengambil screenshot dengan menggunakan Quick Memo, dimana ini adalah cara cepat dalam mengambil screenshot. Setelah Quick Memo diaktifkan, laman editing akan diperlihatkan kepada Anda. Setelah itu, Anda dapat memberikan catatan atau gambar pada screenshot tersebut.

 8. Evercoss dan Cross Andromeda Series

Melakukan Screenshot pada HP Evercoss dan Cross Andromeda seperti Cross A7S, Cross A7T dan Cross A88 adalah dengan menekan tombol VOLUME DOWN dan tombol POWER secara bersamaan selama kurang lebih 3 detik. Gambar hasil Screenshot dapat dilihat pada Galery dalam folder Tangkapan Layar.

Demikian artikel mengenai Cara Mengambil Screenshot di Berbagai Tipe Android, smoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika terdapat kesalahan info dan penulisan, silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjung di Axo Wuri Handayani.