Cara Install CWM Recovery di Nokia X

Cara Install CWM Recovery di Nokia X - Sistem operasi Android merupakan sistem operasi yang terbuka atau open source dengan sedikit usaha, pengguna Android dapat memaksimalkan perangkat android tersebut, misalkan menambahkan aplikasi, kustomisasi hingga tweak yang akhirnya membuat perangkat nokia menembus batas settingan pabrikan. Agar dapat memaksimalkan, Nokia anda perlu di root dan memasang custom recovery.

Cara Install CWM Recovery di Nokia X

Kenapa anda perlu memasang custom recovery ? Dengan custom recovery ini anda bisa mem-backup / me-restore semua file di handheld anda termasuk file sistem, memasang custom rom, memasang berbagai aplikasi dan tweaks, memasang custom kernel dan masih banyak lagi.

Saat ini terdapat dan tersedia dua tipe custom recovery untuk Nokia X ada CWM dan TWRP. Namun pada artikel ini adalah saya akan membahas salah satu dari dua tipe custom recovery tersebut yaitu cara memasang custom recovery CMW di Nokia X. Perlu saya ingatkan lagi bahwa cara ini hanya bisa dilakukan pada Nokia X yang sudah di Root, apabila Nokia anda belum di root, silahkan baca artikel Cara Root Nokia X, X+ dan XL Dengan Mudah Tanpa Menggunakan PC

Berikut langkah-langkahnya :

  1. Unduh aplikasi Minimal Adb disini, Kemudian pasang pada PC atau Laptop anda.
  2. Kemudian download Nokia Driver disini dan ekstrak.
  3. Selanjutnya download file CMW melalui PC disini. Kemudian copy ke folder aplikasi Minimal Adb.
  4. Aktifkan USB Debbugging di Nokia dari menu Settings > Developers options.
  5. Hubungkan Nokia X ke PC atau laptop anda melalui kabel data.
  6. Masuk ke Device manager pada PC, apabila Nokia X anda masih ditandai dengan tanda tanya, klik kanan kemudian pilih update driver, pilih Browse my computer for driver option, pilih folder driver Nokia X yang tadi di download.
  7. Buka aplikasi Minimal Adb yang tadi telah anda unduh tadi dan dipasang di PC.
  8. Ketik perintah: " adb reboot bootloader ", dan Nokia X akan masuk ke mode fastboot
  9. Kemudian ketik lagi perintah:" fastboot -i 0x0421 flash recovery cwm-6048-normandy.img "
  10. Setelah selesai ketik lagi perintah:" fastboot reboot " untuk restart kembali.
  11. Untuk masuk ke mode recovery dapat mengetik perintah: " adb reboot recovery ". Atau untuk lebih mudahnya, anda dapat mengunduh aplikasi Quick reboot di Play Store.

Apabila terjadi kerusakan, penulis tidak bertanggung jawab akan hal tersebut. Ikuti langkah-langkahnya dengan benar dan anda juga dapat mencari referensi pada forum XDA. thx XDA.

Demikian artikel Cara Install CWM Recovery di Nokia X, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika terdapat kesalahan info dan penulisan, silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjung di Axotechno