Cara Membuka File ZIP dan RAR Pada Handphone Android

Membuka File ZIP dan RAR Pada Smartphone Android - File ZIP dan RAR adalah file hasil compress dengan program/aplikasi tertentu, misal seperti WinRar yang bertujuan untuk menggabungkan beberapa file dan menjadikan ukuran file tersebut menjadi lebih kecil. Layaknya seperti di komputer untuk membuka file yang telah dicompress tersebut membutuhkan suatu aplikasi bernama WinRar, jadi apabila membuka secara langsung file tersebut tanpa aplikasi tidak bisa, lalu bagaimana cara membuka/mengekstrak file ZIP dan RAR di android? Dengan menggunakan beberapa freeware gratis yang telah tersedia di Google Play. 


Cara Membuka File ZIP dan RAR Pada Handphone Android


Sebenarnya ada banyak aplikasi untuk Membuka File RAR dan ZIP ini untuk Smartphone Android,  akan tetapi disini saya akan memberikan beberapa aplikasi yang direkomendasikan saja yang sebelumnya juga sudah saya gunakan dan sangat berguna untuk membuka file yang di compress menjadi ZIP atau RAR. 

Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang dapat anda gunakan:
 

1. AndroZip File Manager
Cara Membuka File ZIP dan RAR Pada Handphone AndroidAplikasi AndroZip ini diyakini sebagai aplikasi pertama yang dirilis untuk mengekstrak atau membuat file ZIP dan RAR pada smartphone android. Aplikasi ini juga mendukung berbagai jenis ekstensi selain ZIP dan RAR, yaitu seperti TAR, GZ, dsb.

Aplikasi AndroZip ini  juga dapat berfungsi untuk sharing file melalui email, ataupun media lainnya. Anda juga dapat menggunakan task killer dengan aplikasi ini. Dapatkan secara langsung Aplikasi
AndroZip File Manager disini.

Cara untuk mengompres sebuah file ke file ZIP, sama halnya pada PC, untuk mengkompres pilihlah salah satu atau beberapa file, kemudian pilih Create. Tunggu sampai prosesnya selesai. Dengan begitu anda bisa mengekstrak atau mengompres file ke bentuk ZIP, cukup mudah dan simpel.



2. Easy Unrar, Unzip & Zip

Cara Membuka File ZIP dan RAR Pada Handphone Android
Anda dapat juga menggunakan aplikasi ini untuk extract dan membuat ZIP maupun RAR dengan mudah. Easy Unrar ini dapat pula anda gunakan untuk mengexplore isi file ZIP dan RAR. Selain itu, anda juga bisa membuat file RAR dari beberapa dokumen dan file anda dengan aplikasi ini. 

Anda bisa menjalankan aplikasi ini di smartphone ataupun tablet tanpa menemui sebuah masalah. Cara penggunaannya juga bisa dikatakan cukup mudah. Dapatkan segera aplikasi Easy Unrar, Unzip & Zip disini.


 3. ZArchiver
Cara Membuka File ZIP dan RAR Pada Handphone Android
Fungsinya hampir sama seperti aplikasi diatas. Aplikasi ini juga berguna untuk mengumpulkan/ menggabungkan file berekstensi rar, zip, tar, gz, dan lainnya menjadi satu. Selain fitur mengkompres dan mengekstrak, di dalam aplikasi ZArchiver ini juga terdapat fitur file explorer dan file manager, yang kedua fitur tersebut sama-sama dapat mempermudah dalam mengakses dan me-manage file-file yang terdapat pada Android anda

Aplikasi ZAarchiver ini mendapatkan rank cukup baik di Google Play app store. Oleh karena itu, bisa menjadi pilihan utama untuk anda gunakan sebagai app pengatur file rar di android. Jika anda tertarik dengan aplikasi ini, silahkan  dapatkan langsung dengan mendownloadnya disini.
 
Demikian artikel Cara Membuka File ZIP dan RAR Pada Handphone Android, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika terdapat kesalahan info dan penulisan, silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjung di Axo Wuri Handayani