Tips dan Trik Mengenali Aplikasi Berbahaya Pada Android

Tips dan Trik Mengenali Aplikasi Berbahaya Pada Android - Android merupakan salah satu OS yang sangat populer saat ini, pabrikan menyediakan beberapa varian smartphone dengan berbagai merk dan spesifikasi sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing. Tak hanya itu, Android juga menawarkan ratusan aplikasi gratis untuk para penggunanya, namun yang perlu diingat tidak semua aplikasi yang disediakan oleh pihak google bisa dikatakan aman, ada beberapa aplikasi yang berisi malware dan berbahaya bagi android itu sendiri.


Berikut beberapa tips dari saya untuk mengenali ciri-ciri  aplikasi berbahaya pada Android anda :

1. Download dari situs terpercaya
Selalu download aplikasi dari situs terpercaya, jangan asal mendwonload aplikasi dari link link tak anda kenal, karena kemungkinan besar aplikasi tersebut telah dimodifikasi dan terisi malware oleh sejumlah orang yang tidak bertanggungjawab dan kemudian di mempublikasikannya.

2. Cek Review dari Aplikasi Tersebut
Sebelum nada mengunduh aplikasi, biasakan untuk melihat review dari para user yang telah mengunduh aplikasi tersebut, dari situ anda dapat meluhat dan menilai apakah aplikasi tersebut layak atau tidak untuk anda unduh.

3. Cek Aplikasi Permission
Biasanya setiap akan menginstall aplikasi, akan muncul aplikasi permision, yaitu hak aplikasi untuk sinkron dengan beberapa akun anda, misalnya kontak,email dll. Jika anda tidak yakin dengan aplikasi yang mengakses beberapa akun pribadi anda, sebaiknya jangan mengunduh aplikasi tersebut, demi keamanan data pribadi anda.

4. Install Antivirus Jika Perlu
Antivirus disini berperan sebagai pendeteksi malware, meski masih belum sepenuhnya bisa menjaga keamanan Android yang anda gunakan dari serangan Malware, namun setidaknya dengan Antivirus anda bisa lebih aman menginstall beberapa aplikasi yang anda ragukan, karena antivirus akan memberitahu apabila ada kemungkinan malware yang terdapat dalam sebuah aplikasi yang akan di sintall pada gadget android.

Demikian Tips dan Trik Mengenali Aplikasi Berbahaya Pada Android, semoga bermanfaat bagi kita semua, yang terpenting tetaplah be a smartuser dan bijaklah dalam menginstall aplikasi pada gadget android yang anda gunakan.

Jika terdapat kesalahan info dan penulisan, silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjung di Axo Wuri Handayani