Fitur-Fitur Android L

Fitur-Fitur Android L


Fitur-Fitur Android L - Google telah mengkonfirmasi bahwa keberadaan versi selanjutnya dari Android namun hanya menyebutnya dengan istilah ‘Android L release’. Sepertinya publik harus menunggu nama yang lebih tepat. Pada pertemuan I/O, Google mengumumkan bahwa Android L akan tiba di musim gugur tahun ini.

Android L Terbaru Menggunakan Sistem ‘Material Design’
Google telah mengungkapkan sistem desain baru untuk Android L yang disebut dengan Material Design. Secara keseluruhan, sistem ini tergolong lebih rapi dan sangat identik dengan Google. Pengembang akan dapat menggunakan desain dalam aplikasi mereka. Font Roboto juga dapat digunakan secara fleksibel. Tombol navigasi baru dalam Google L akan dibuat dalam bentuk segitiga, lingkaran dan persegi.

Elemen pada tampilan Android L akan dapat diberikan kedalaman, sehingga bayangan dan sumber cahaya ruangan lokasi pengguna akan mempengaruhi elemen tampilan antarmuka pengguna secara real time. Antarmuka aplikasi juga akan menampilkan sentuhan warna yang secara otomatis dihasilkan berdasarkan isi masing-masing aplikasi. Dalam Android L akan tersedia jenis animasi baru dan sentuhan umpan balik bagi pengembang.

Beberapa Fitur Baru Pada Android L

Peningkatan Kualitas Pemberitahuan
Android L akan membuat notifikasi dari aplikasi menjadi lebih baik. Sebagai permulaan Anda bisa menaruh pemberitahuan pada layar terkunci – dan ikon aplikasi akan secara otomatis terorganisasi dalam skala prioritas. Anda dapat menggesek ikon seperti biasa atau double tap untuk membuka aplikasi yang diinginkan.

Kotak Pemberitahuan Baru
Kotak pemberitahuan Android L terlihat cukup berbeda dengan sebelumnya. Kotak ini memang bekerja dengan skema yang sama seperti sebelumnya, yaitu dengan menggesek dari atas layar. Namun dalam versi ini akan ada tata letak dan skema warna baru.

Alih-alih menekan tombol untuk mengakses pengaturan cepat, Anda hanya akan perlu menggesek layar ke bawah sebanyak dua kali. Saat ini kontrol kecerahan layar sudah tersedia sebagai fungsi standar dan ikon ‘cast screen’ baru untuk mirroring dengan Chromecast.

Sistem Kunci Layar Baru
Bagian dari Android L adalah sistem buka kunci layar baru yang akan menampilkan pemberitahuan. Anda harus geser ke atas untuk membuka (jika Anda tidak memiliki pola kunci atau metode lain) tetapi Anda juga dapat geser ke kanan untuk menelepon atau geser ke kiri untuk membuka kamera.

Sistem Multi-tasking Baru
Jika di versi Android sebelumnya aplikasi yang sedang digunakan akan muncul dalam gaya 2 dimensi, bagian ‘recent apps’ dalam Android L akan membuka aplikasi dengan gaya layout kartu. Aplikasi yang sedang digunakan akan digulirkan pada semacam carousel dan dapat digesek keluar ke kedua sisi untuk menutup aplikasi seperti versi sebelumnya.

Pada developer preview fitur ini belum bekerja. Namun dalam aplikasi Chrome, terlihat bahwa Android L menunjukkan layout kartu terpisah untuk setiap tab Chrome yang terbuka.

Keamanan – Unlock Pribadi
Google juga mengungkapkan bahwa keamanan merupakan elemen sangat penting bagi Android dan penggunanya. Sebuah fitur baru akan memungkinkan pengguna untuk membuka smartphone mereka ketika berada cukup dekat secara fisik dengan perangkatnya, seperti halnya pada smartwatch Android Wear. Sedikit mirip dengan perangkat mobil tanpa kunci.

Baterai – Modus Penghematan Baru
Baterai yang lebih baik adalah indaman pengguna smartphone. Google menjanjikan bahwa Android L akan membawa smartphone dengan modus baru hemat baterai. Project Volta akan memungkinkan para pengembang untuk mengidentifikasi bagaimana aplikasi mereka mengkonsumsi baterai sehingga mereka dapat melakukan perbaikan yang diperlukan untuk efisiensi baterai.

Google mengatakan bahwa modus hemat baterai baru akan memberikan Nexus 5 tambahan 90 menit tenaga. Bagian informasi baterai pada menu pengaturan akan memberikan informasi lebih rinci.

Kinerja
Seperti yang yang diharapkan banyak pengguna, Android L akan mendukung prosesor 64-bit dan juga akan mendukung ART software library yang disebut Google akan dua kali lebih cepat daripada Davik.

Demikian artikel Fitur-Fitur Pada Android L, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika terdapat kesalahan info dan penulisan, silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjung di AXOTECHNO™