Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 1S

Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 1SBeberapa tahun yang lalu nama Xiaomi belum banyak terdengar. Tapi kini pabrikan asal Tiongkok itu sudah menjelma menjadi kekuatan baru yang patut diwaspadai oleh para pemain lain di industri gadget mobile, hanya dalam waktu empat tahun setelah didirikan pada 2010.
Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 1S
Xiaomi belakangan giat melakukan ekspansi ke luar rumahnya rumahnya sendiri di Negeri Tirai Bambu. Produsen itu pun pada akhir Agustus lalu resmi memasuki pasaran Indonesia dengan melempar produk perdana bernama Redmi 1S.

Redmi 1S yang juga dikenal dengan nama Hongmi (“beras merah”) 1S di Tiongkok merupakan tawaran smartphone Android entry-level Xiaomi yang meneruskan tongkat estafet dari pendahulunya, Redmi. Xiaomi menerapkan sejumlah perubahan pada Redmi 1S, termasuk mengganti prosesor menjadi Snapdragon 400 dan meningkatkan kapasitas media penyimpanan internal.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 1S

Secara keseluruhan, perangkat mobile satu ini memiliki ukuran total sebesar 137 x 69 x 9,90 mm dengan berat hanya 158 gram saja. Layarnya berukuran 4,7 inci dengan resolusi sebesar 720 x 1280 pixel IPS dan memiliki kerapatan ~312 ppi.

Prosesor yang digunakannya adalah Quad-Core 1,6GHz Cortex-A7 dengan chipset Qualcomm Snapdragon 400 MSM8228, serta GPU Adreno 305 yang sangat bagus ketika digunakan untuk memainkan game 3D atau memutar film dalam format HD.

Untuk dapur pacunya, Xiaomi telah melengkapi perangkat mobile satu ini dengan RAM sebesar 1GB dan internal storage sebesar 8GB yang dapat ditambah sampai dengan 64GB menggunakan microSD.

Kamera pada bagian belakangnya memiliki resolusi sebesar 8MP dan kamera pada bagian depannya memiliki resolusi 1,6MP. Dengan sensor 1,4um dan 4 lensa plastik, maka penggunanya dapat secara akurat dalam mengambil gambar dengan warna yang sesungguhnya walaupun dalam tempat yang kurang cahaya.

Operating system yang digunakan adalah Android 4.3 Jelly Bean dengan User Interface (UI) MUI v5. Koneksitas data Redmi 1S ini antara lain Wi-Fi (802.11 b/g/n), Bluetooth v4.0, Wi-Fi Direct dan microUSB.

Redmi 1S ini juga dilengkapi dengan teknologi suara Dirac yang juga dipakai dalam dunia otomotif atau dalam mobile jenis BMW, Bentley dan Rolls Royce. Output audionya akan secara langsung beradaptasi dengan segala tipe headphone yang ditancapkan ke slot headsetnya.

Baterai yang digunakan perangkat mobile satu ini memiliki kapasitas sebesar 2000 mAh.

Kelebihan Xiaomi Redmi 1S

Dengan melihat spesifikasi diatas, cukup banyak kelebihan yang dimiliki Smartphone ini. Bahkan menurut saya pribadi, Xiaomi Redmi 1S sangat saya sarankan bagi anda ingin gadged yang murah namun memilki spesifikasi yang mumpuni.

Misalkan pada kartu slot,  Xiaomi menyediakan dua buah slot sim card GSM, yang bisa diaktifkan secara bersamaan ,sehinggia pengguna bisa menggunakan dua buah SIM card dari operator yang berbeda.

Untuk bentang layar 4,7 inci, layar memiliki resolusi  yang bisa dikatakan tinggi yaitu 1280 x 720 piksel dengan kerapatan piksel 312 ppi, sehingga mampu menampilkan gambar lebih lembut dan tajam

Layar mengusung layar sentuh kapasitif teknologi IPS yang mampu menampilkan gambar lebih alami serta memiliki sudut pandang yang luas

Layar telah dilapisi dengan corning gorilla glass yang memberikan perlindungan dan goresan yang tidak diinginkan.

Penyimpanan internal yang cukupan yaitu 8 GB atau seperti kebanyakan android, namun tentunya tidak bisa digunakan sepenuhnya karena sebagian telah terpotong untuk sistem operasi dan aplikasi bawaan

Disediakan slot penyimpanan microSD, dengan itu pengguna bisa meningkatkan kapasitas simpan hingga 64 GB

Menggunakan sistem operasi yang cukup modern yaitu android Jelly Bean versi 4.3. Jelly bean. Versi ini dikenal lebih hemat konsumsi daya dari pada versi sebelumnya.

Dibekali sensor yang cukup lengkap yaitu Gyroscope, Light Sensor, Accelerometer, Proximity Sensor, Electronic Compass

kapasitas baterai yang cukup besar yaitu 2000 mAh

Kekurangan Xiaomi Redmi 1S

Kekurangan yang terdapat pada gadget ini adalah belum adanya fitur HDMI dan Slot kartu kedua hanya support 2G. Handphone ini memang bukan tanpa celah dan kekurangan, namun sekali lagi, menurut saya sangat wajar dengan kekurangan seperti ini dengan harga yang begitu terjangkau dan kelebihan yang diberikan gadget ini.

Anda juga dapat membaca artikel :
1. Cara Root Xiaomi Redmi 1S Tanpa menggunakan PC
2. Cara Root Android Menggunakan Aplikasi Key Root Master, dan
3. Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 5.

Demikian artikel Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 1S, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika terdapat kesalahan info dan penulisan, silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjung di AXOTECHNO™.