Cara Mengatasi Huruf yang Tidak Terbaca di Android

Cara Mengatasi Huruf yang Tidak Terbaca di Android - Salah satu kelemahan Android terdapat pada font bawaannya yang tidak mendukung karakter unicode, sehingga apabila ada emoticon, emoji, huruf karakter yang aneh, atau karakter asing (arab, cina, jepang, dll) tidak akan terbaca, hanya ditampilkan sebagai karakter kotak. Maka untuk mengatasinya, anda harus memasang font unicode. Font unicode adalah font yang dapat membaca segala karakter dari jenis-jenis font yang ada, ukurannya berkas ttf font unicode ini biasanya lebih besar dari font biasanya.

Cara Mengatasi Huruf  yang Tidak Terbaca di Android

Cara Mengatasi Huruf  yang Tidak Terbaca di Android

Berikut Langkah - Langkah Cara Mengatasi Huruf yang Tidak Terbaca di Android :

1. Langkah pertama adalah perangkat anda harus dalaam keadaan Root, apabila perangkat anda belum di root, silahkan baca Cara Root Handphone Android disini.
2. Selanjutnya unduh aplikasi Root Browser yang terdapat di Google Play.
3. Pada prinsipnya anda akan mengganti DroidSansFallback.ttf dengan font unicode namun tetap dengan  hak akses yang sama.
4. Unduh font unicode DroidSansFallback.ttf  atau DroidSansFallback.zip  kemudian ekstrak. *update 01-09-2014 based ihint font v8.5R kredit:@ihint.
5. Selanjutnya buka Root Explore atau Root Browser, copy font DroidSansFallback.ttf yang sudah diunduh tadi ke direktori  /system, 
6. Atur permission.,

Tekan lalu tahan DroidSansFallback.ttf pilih Permission.
  
 Item yang dicentang harus sama seperti gambar.

Cara Mengatasi Huruf  yang Tidak Terbaca di Android

7. Selanjutnya pindahkan DroidSansFallback.ttf  dari /system ke /system/fonts. Apabila ada peringatan seperti ini, file sudah ada dan apakah Anda mau menimpanya? Berarti langkah Anda sudah benar tinggal timpa saja, pilih Yes.

Cara Mengatasi Huruf  yang Tidak Terbaca di Android

8. Nyalakan ulang perangkat android dan cek apakah masih kotak - kotak ?

Untuk menambah font khusus yang masih tidak tebaca Font Unicode.( Font Thailand, Bengali, Tamil, font asing lainnya)

1. Siapkan berkas font ttf
2. Salin ke /system/fonts. Atur permissionya seperti pada langkah diatas.
3. Edit /etc/fallback_fonts.xml.

Setelah langkah ini, anda telah mengatasi font yang tidak terbaca di android.

Anda juga dapat membaca artikel :

Demikian artikel Cara Mengatasi Huruf  yang Tidak Terbaca di Android, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika terdapat kesalahan info dan penulisan, silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjung di AXOTECHNO™.