Cara Modifikasi ROM Tanpa Bongkar APK Android

Cara Modifikasi ROM Tanpa Bongkar APK AndroidDi forum XDA Developer ada seseorang dengan nick rovo89 yang telah berhasil mengembangkan sebuah Framework baru. Cara kerja framework ini pun simple, yaitu melebarkan atau memperpanjang proses eksekusi /system/bin/app_process untuk meload file JAR pada saat start up sedang berlangsung.

Singkat cerita, anda dapat mengubah segala parameter untuk semua metode pemanggilan class dan juga dapat menambah atau menghapus resources-resources dengan mudah. Tanpa perlu bongkar APK, edit smali, sign, dan lain-lain.

Baiklah mungkin dengan dua paragraf diatas anda dapat pahami atau sedikit membingungkan. Jadi langsung saja, mari kita mengenal sebuah framework yang memungkinkan anda untuk memodifikasi ROM tanpa merubah APK apapun dan juga tanpa flashing.

Seperti yang sudah saya ceritakan diatas, kini bongkar pasang ROM tanpa edit APK sudah bukan hal yang mustahil lagi. Kini ada sebuah framework bernama Xposed yang dapat mengatasi persoalan ini.

Cara Modifikasi ROM Tanpa Bongkar APK Android

Berikut beberapa hal yang wajib anda ketahui tentang Xposed :
  1. Dengan Xposed, anda tidak perlu lagi memodifikasi APK-nya Berarti tidak perlu susah-susah decompile, merubah smali, recompile, sign, dll
  2. Dengan penggunaan Xposed, anda dapat mengedit icon baterai Android statusbar Android tanpa melalui proses yang panjang,  mengedit statusbar Android, mengubah letak jam, mengganti tampilan sinyal, menampilkan tanggal, menampilkan speed internet di statusbar Android, dan sebagainya
  3. Xposed digunakan di ROM Odex dan Deodex
  4. Xposed hanya bekerja pada Android versi 4.x.x 
  5. Xposed dapat dihilangkan atau dinonaktifkan tanpa harus melakukan flashing ulang
  6. Xposed ini open source.
 Langkah-langkah Install Xposed
  1. Backup ROM Android anda (NANDROID BACKUP) untuk berjaga-jaga apabila terjadi brick atau bootloop.
  2. Download Xposed Installer disini, kemudian install.
  3. Jalankan Xposed Installer.
  4. Masuk ke bagian Framework, kemudian klik Install/Update
  5. Reboot perangkat anda
  6. Selesai
Anda tidak dengan begitu saja menggunakan Xposed, anda memerlukan Module. Silahkan anda klik disini. Pada link tersebut terdapat banyak jenis module gratis yang dapat anda coba aplikasikan ke perangkat anda, misalnya Xblast, Xposed StatusBar Mods, Youtube AdAway, XHaloFloatingWindow, dan lain-lain. Selain di link tersebut, Module Xposed ini sudah banyak tersebar di Google Play juga.

Untuk lebih lengkap dan jelas, silahkan baca official thread Xposed Installer di forum XDA Developers.

Demikian artikel Cara Modifikasi ROM Tanpa Bongkar APK Android, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika terdapat kesalahan info dan penulisan, silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjung di AXOTECHNO™.

Anda juga dapat membaca artikel :