Cara Mudah Membersihkan Smartphone

Cara Mudah Membersihkan Smartphone - Dalam sebulan, berapa kali anda membersihkan layar smartphone? Sekali, dua kali atau bahkan tidak pernah sama sekali. Smartphone adalah benda yang selalu disayang dan dibawa dengan hati hati. Jarang kena air dan kotoran. Tapi ternyata smartphone adalah salah satu benda terkotor.

Sebuah tes membuktikan fakta mencengangkan, kuman yang nempel di smartphone lebih banyak jumlahnya daripada kuman yang ada di dudukan toilet.
Oleh karena itu, rajin-rajinlah anda membersihkan smartphone anda. Dan berikut ini ada beberapa tips untuk anda bagaimana membersihkan smartphone tanpa harus merusak komponen smartphone.

Sebelum memulai, sediakan dulu beberapa peralatan sebagai berikut :
  • Kain microfiber, bisa dibeli di toko kacamata atau farmasi. Banyak komputer dan perangkat mobile menyertakan kain ini secara gratis dalam penjualan.
  • Cotton bud
  • Air distilasi, biasanya dipakai untuk membersihkan layar dan lensa kamera. Air distilasi ini tidak memiliki bahan kimia yang bisa merusak permukaan benda yang dibersihkan.
  • Alkohol (isopropyl), berguna untuk membersihkan keypad dan plastik yang tebal dan keras.
Namun anda jangan menggunakan bahan kimia rumah tangga, karena kandungan kimia yang terdapat didalamnya sangat keras untuk hampir semua smartphone. Misal pembersih jendela, aerosol sprays, ammonia, ajax, CLR.

Cara Mudah Membesihkan Smartphone


Cara Membersihkan Smartphone

Langkah pertama, silahkan matikan ponsel anda dan apabila baterai ponsel anda bukan baterai tanam, silahkan anda mencopotnya.

Cara Mudah Membesihkan Smartphone

Kemudian lepaskan semua casing atau cover

Cara Mudah Membesihkan Smartphone


Cara Mudah Membesihkan Smartphone

Hati-hati dan teliti ketika anda melepaskan pelindung layar sebab tindakan yang ceroboh dapat menyebabkan kerusakan yang bisa meluas.
Cara Mudah Membesihkan Smartphone
Jika Smartphone anda memiliki keyboard atau keypad mulailah membersihkannya dengan cotton bud yang telah dibasahi alcohol. Jangan menggunakan terlalu banyak alcohol yang dapat menyebabkan alcohol tertinggal di sela-sela keypad anda.

Cara Mudah Membesihkan Smartphone

Kemudian, bersihkan juga bagian-bagian plastic dari smartphone. Untuk area plastik yang lebar, misal cover baterai bisa digunakan alcohol. Bersihkan secara pelan dan jangan menggunakan terlalu banyak alcohol karena berakibat menghilangkan pelapis karet yang ada atau menghilangkan pelapis lainnya yang rentan bahan kimia.
Apabila HP berbahan logam, gunakan air untuk membasahi cotton bud sebagai pengganti alcohol.
Cara Mudah Membesihkan Smartphone
Setelah bagian luar telah bersih, lalu gunakan cotton bud kering untuk membersihkan debu yang menempel di pelapis baterai. Apabila terdapat bagian-bagian area sempit pada ponsel yang terpapar debu, gunakan sedikit saja air distilasi untuk membersihkannya. Segera keringkan bagian-bagian yang telah dibersihkan dengan air, sehingga air tidak sampai masuk ke bagian-bagian dalam ponsel yang tak terjangkau oleh alat pembersih.

Cara Mudah Membesihkan Smartphone

Selanjutnya basahi lagi cotton bud dengan air dan bersihkan lensa kamera dengan cepat dengan gerakan memutar seperti spin. Apabila lensa telah bersih, segera keringkan dengan bagian cotton bud yang masih kering, sehingga air tidak mengering pada lensa.
Cara Mudah Membesihkan Smartphone
Setelah semua bagian utama ponsel anda telah dibersihkan, selanjutnya giliran layar yang dibersihkan dengan membasahi kain microfiber. Perhatikan, kain yang anda gunakan jangan terlalu basah, karena kelembaban akan merusak pelapis bagian paling atas layar.
Bersihkan layar dalam satu gerakan tunggal dari atas bagian telinga turun hingga ke bagian mikropon. Jangan lakukan gerakan memutar sebab dapat menyebabkan goresan-goresan melingkar yang disebabkan oleh debu.

Hati-hati ketika anda membersikan layar yang terdapat retak, sebab apabila menekan terlalu keras, dapat menyebabkan retakan makin lebar. Setelah proses membersihkan dengan kain basah telah selesai, selanjutnya segera bersihkan dengan bagian kain yang kering untuk menghindari air masuk ke sela-sela bagian layar yang retak.

Cara Mudah Membesihkan Smartphone

Cara Mudah Membesihkan Smartphone

Apabila casing smartphone anda ber-bahan plastic, gunakanlahcotton bud yang dibasahi alcohol, untuk membersihkan semua bagian dalam dan juga luar casing. Setelah besih, biarkan casing/cover mengering sebelum anda memasang kembali casing ke smartphone.

Cara Mudah Membesihkan Smartphone

Apabila casing anda berbahan kulit, anda dapat menggunakan pembersih khusus bahan berbahan kulit, atau juga dapat menggunakan memolesnya dengan handbody, kemudian keringkan. Namun jagan menjemurnya di bawah sinar matahari, keringkan dengan membiarkannya terkena angin dari kipas.

Setelah semua proses diatas telah selesai, silahkan pasang kembali komponen-komponen yang tadi anda lepas, jangan sampai ada yang ketinggalan. Kini smartphone anda telah bebas dari kuman, silahkan anda lakukan perbersihan ini secara rutin, selain membersihkan smartphone anda dari kuman, ponsel anda juga akan tampak terawat dan awet.

Demikian artikel Cara Mudah Membesihkan Smartphone, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika terdapat kesalahan info dan penulisan, silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjung di AXOTECHNO™.

Anda juga dapat membaca artikel :
1. Cara Menampilkan Kecepatan Internet Pada Status Bar Android
2. Cara Menggunakan Stik Playstation Pada Sony Xperia
3. Cara Install Windows XP di Android, dan
4. Cara Memutus Koneksi WiFi Orang Lain Menggunakan Android