Cara Menambahkan Bahasa Indonesia Pada Custom Rom Android

Cara Menambahkan Bahasa Indonesia Pada Custom Rom Android - Sebenarnya sistem Android pada awalnya telah memiliki bahasa default indonesia, akan tetapi terkadang kita suka mencoba menggunakan Custom Rom (Cusrom ) dari luar yang di mana pada Cusrom tersebut belum memiliki Bahasa Indonesia, memang secara tampilan Cusrom lebih bagus dan lebih banyak fitur jika di bandingkan dengan Stockrom, mungkin dengan alasan itu para user Android lebih suka memakai Cusrom di banding Stockrom. Namun sebagian besar pengguna akan kesulitan menggunakan Cusrom tersebut karena tidak memiliki Bahasa Indonesia.

Nah bagi anda yang mempunyai masalah seperti diatas atau bahkan di Cusrom anda belum memiliki bahasa default indonesia, anda dapat mencoba cara di bawah ini untuk menambahkan Bahasa Indonesianya. Cara saya praktekkan untuk mengubah bahasa pada sebuah cusrom yang saya gunakan pada ponsel saya yang mengoprasikan android 4.0.4 ICS.

Cara Menambah Bahasa Indonesia Pada Custom Rom Android

Bagi anda yang ingin mencobanya silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Persyaratan :

  1. Biasakan backup data anda sebelum dioprek.
  2. Anda harus paham cara decompile dan recompile APK. Apabila anda belum mengetahuinya, anda dapat mempelajarinya Disini.
  3. Perhatikan langkah-langkahnya secara teliti karena Do With Your OWN RISK!

Caranya :

  • Siapkan dulu framework-res.apk, dari rom apa saja, yang penting rom tersebut sudah memiliki banyak bahasa termasuk indonesia atau bisa juga anda ambil framework-res.apk dari setockrom ponsel anda.
  • Setelah menemukan framework-res.apk yang tepat, buat tanda pada apk tersebut misalnya framework-res-1.apk.
  • Lalu decompile framework-res-1.apk
  • Siapkan framework-res.apk yang akan kita inject bahasanya, buat tanda pada apk tersebut (rename) menjadi framework-res-2.apk.
  • Selanjutnya Decompile framework-res-2.apk
  • Kemudian masuk ke hasil decompile framework-res-1.apk. Lalu masuk ke folder res/ copy folder values-in dan values-rID

Cara Menambah Bahasa Indonesia Pada Custom Rom Android

  • Masuk ke hasil decompile framework-res-2.apk, paste-kan folder yang tadi di copy ke res/...
  • Recompile framework-res-2.apk
  • Rename dan siap untuk di push
  • Selesai.
Cukup mudahkan caranya? dengan cara ini anda juga dapat menambahkan bahasa lain ke aplikasi, misalnya settings.apk yang belum memiliki bahasa indonesia, anda cukup membuat folder values-in kemudian copy file setrings.xml dari folder values ke folder values-in lalu buka dan terjemahkan line-nya satu persatu. Perhatikan dan teliti ketika menerjemahkan.

Demikian artikel Cara Menambah Bahasa Indonesia Pada Custom Rom Android, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika terdapat kesalahan info dan penulisan, silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjung di AXOTECHNO™.

Anda juga dapat membaca artikel :
1. Cara Menambahkan Gambar Animasi di Statusbar Android
2. Cara Menambahkan Text Berjalan di Statusbar Android
3. Cara Menampilkan Kecepatan Internet di Statusbar Android, dan
4. Cara Setting Handphone Android Agar Dapat Bermain Game PS2 dan PSP.