Cara Root dan Install CWM Andromax C3

Cara Root dan Install CWM Andromax C3 - Root merupakan suatu langkah untuk memberi hak kases penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android dan mengakses serta mengeksekusi semua berkas, perintah, dan sistem dalam sistem operasi berbasis Linux. Intinya, fungsi 'Root' memiliki akses tanpa batas untuk mengubah, menghapus, menambah, bahkan untuk merusak semua yang ada di dalam sistem Android.

Cara Root dan Install CWM Andromax C3

Pada tutorial kali ini, saya khususkan untuk para pengguna ponsel Smartfren Andromax C3. Smartfren Andromax C3 termasuk kedalam tipe ponsel android dengan harga yang terjangkau dan spesifikasi yang lumayan bagus. Dengan melakukan rooting terhadap ponsel Andromax C3, kita bisa mengoptimalkannya dengan fasilitas baru dan lebih bebas melakukan apapun seperti modifikasi sistem.

Adapaun kegunaan CWM menjadi sangat penting dalam urusan installasi custom ROM (cusrom). Karena untuk dapat menginstall ROM yang telah dimodifikasi tersebut, pengguna memerlukan ClockWorkMod Recovery sebagai pembantu anda untuk menginstall. Dan hal ini yang membuat tanpa adanya mode recovery ini pengguna tidak akan bisa memasang custom ROM pada perangkat Android yang dimilikinya.Sungguh sayang bukan bila anda mengoprek android anda setengah- setengah. Selain untuk menginstallasi beberapa custom ROM , CWM juga bisa berguna seperti:

1. Sebagai mode recovery layaknya mode recovery bawaan perangkat, yaitu dapat digunakan untuk membackup data pada perangkat android kita,
2. Bisa untuk me-restore (mengembalikan) nya jika suatu ketika kita membutuhkannya, serta mengembalikan perangkat ke pengaturan awal (factory reset atau kembalikan ke pengaturan pabrik).

Dalam cara menginstall CWM ini bisa berbeda - beda tiap  tipe perangkat android yang digunakan, namun yang pasti syarat wajib yang dibutuhkan untuk dapat memasangnya adalah perangkat harus sudah di root. Agar lebih jelasnya, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Root dan Install CWM Smartfren Andromax C3

Persiapkan :
  • Unduh File Untuk Root dan Instal CWM ( Bahan saya jadikan satu dalam file .rar ) Disini.
  • Extract bahan tadi, masukkan file SuperSU.zip ke dalam sdcard
Perhatian : 
  • Melakukan rooting pada Andromax C3 akan membuat garansi anda tidak berlaku lagi.
  • Lakukan unroot pada option di SuperSU apabila anda ingin klaim garansinya.
  • Perhatikan dengan seksama langkah-langkahnya, karena apabila terjadi kerusakan ketika melakukan proses Root, hal tersebut bukan tanggung jawab kami, namun cara ini sudah banyak yang melakukannya dan sukses.
Cara Pasang CWM :
  1. Aktifkan Usb debuging
  2. Extract folder adb-fasboot yang ada didalam cwmrootAxotechno.rar, cara simpelnya, letakkan saja di drive C (C:\adb-fastboot)
  3. Extract folder driver C3 ke dalam PC, terserah anda mau menyimpannya dimana, kemudian install drivernya
  4. Dalam keadaan Handphone anda off, sambungkan kabel data ke Andromax C3, tekan dan tahan tombol volume atas dan volume bawah bersamaan, lalu sambungkan ujung kabel data satunya lagi ke PC atau Laptop (dalam keadaan masih menekan tombol volume dan jika Handphone sudah menyala dan berhenti di logo smartfren, bukan pengisian baterai, berarti anda telah sukses dan anda bisa melanjutkan cara selanjutnya)
  5. Masuk ke folder adb-fasboot tadi, tahan tombol shift + klik kanan, pilih "open command window here" (saya menggunakan windows 7)
  6. Pada command prompt, ketik "fastboot devices" > enter (tanpa tanda petik)
  7. Setelah Handphone terdeteksi, ketik "fastboot flash recovery cwm.img" > enter (tanpa tanda petik)
  8. Selamat, Andromax C3 anda telah terpasang cwm, lepaskan kabel data, setelah itu tunggu 20 detik, Apabila masih di logo smartfren, lepas beterai dan pasang kembali lalu lakukan cara pemasangan root di bawah ini.
Cara Root :
  1. Masuk ke cwm, dalam keadaan Handphone anda off tekan dan tahan tombol power dan volume plus bersamaan
  2. Pilih install zip form sdcrad, lalu pilih file SuperSU.zip, tunggu hingga proses selesai
  3. Reboot system.
  4. Setelah langkah ini, Andromax C3 telah sukses Root.
Note :
  1. Apabila anda belum pernah mengaktifkan usb debuging, untuk mendapatkan password usb debuging, sudah saya sertakan app-nya, di google juga banyak, silahkan install di Handphone anda.
  2. Sebelum eksekusi, saya sarankan update system dulu, tidak diupdate juga tidak apa-apa, saya sendiri update dulu baru eksekusi  
  3. Saat berada di recovery mode (cwm), navigasi atas bawah menggunakan tombol vol+ dan vol-, untuk memilih/ok gunakan tombol power
  4. Saya cuma repack bahan dan merapikan step by stepnya saja, semoga mudah dipahami.
  5. Saya ingatkan sekali lagi Do With Your OWN RISK!!!
Demikian artikel Cara Root dan Install CWM Andromax C3, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika terdapat kesalahan info dan penulisan, silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjung di AXOTECHNO™.

Anda juga dapat membaca artikel :