Cara Mengubah Tombol Back Handphone Android

Cara Mengubah Tombol Back Handphone Android - banyak dari pengguna smartphone Android menginginkan gadgetnya agar lebih praktis dalam penggunaannya misalnya saat anda ingin kembali ke menu sebelumnya atau menutup sebuah aplikasi hanya dengan menggeser layar. Pada umumnya tablet Android maupun bukan gadget biasa mempunyai tiga tombol navigation bar pada tampilannya, dari yang paling kiri ada tombol Back, lalu di tengah ada tombol Home, dan ada tombol Recent Apps berada di paling kanan. Karena tombol-tombol ini berada di bagian bawah, maka jari kita tidak bisa menjangkaunya tanpa memindah posisi tangan.

Cara Mengubah Tombol Back Handphone Android

Dikarenakan tombol back yang paling sering digunakan dibanding yang lainnya, pasti akan lebih praktis dengan membuat atau merubah fungsi back dengan melakukan seipe pada layar. Pada pembahasan kali ini saya akan membuat tombol back menjadi lebih praktis dan bisa terjangkau oleh jangkauan jempol kita. Untuk bisa melakukan hal itu anda harus menginstall module yang benama SwipeBack pada Android anda.

Dalam Module ini ada sebuah menu Swipe gesture yang berfungsi seperti tombol Back, untuk kembali ke tampilan sebelumnya kita tinggal swipe dari tepi layar kanan, kiri, atau bawah. Perhatikan tutorial dibawah ini tentang Cara Menambah Navigasi Swipe Gesture Pada android.

Catatan :

  • Berjalan baik untuk Versi Android 4.1-4.3 ( Jellybean) 
  • Smartphone Android dalam keadaan Root.
  • Cara ini akan membuat hamburger menu yang biasanya tersembunyi di bagian kiri atau kanan layar jadi tidak berfungsi. Contohnya seperti aplikasi Gmail yang punya menu tersembunyi di bagian kiri layar. 
Jika anda tertarik untuk menggunakannya, berikut langkah demi langkah memasang SwipeBack :
  • Pasang aplikasi SwipeBack (anda bisa dapatkan aplikasinya di Link ini). 
  • Install aplikasi Xposed Modules Installer (Playstore). 
  • Buka aplikasinya dan install Frameworknya lewat menu Framework, jangan lupa setelah itu lakukan reboot. 
    Cara Mengubah Tombol Back Handphone Android

  • Setelah selesai reboot, buka lagi aplikasi Xposed, masuk ke menu Modules dan cari yang namanya “SwipeBack” 
  • Selanjutnya centang modul "SwipeBack" tersebut, dan untuk mengaktifkannya. Reboot lagi Androidnya.
    Cara Mengubah Tombol Back Handphone Android

  • Setelah reboot selesai, buka App Draw dan buka SwipeBack. Aplikasi ini menyediakan pengaturan gesture secara keseluruhan dan per aplikasi. 
  • Apabila anda ingin membuat tombol back sesuai dengan keinginan, anda bisa membuka Swipe Edge seperti gambar dibawah ini :
    Cara Mengubah Tombol Back Handphone Android

  • Setelah anda membuka Swipe Edge maka akan muncul pilihan seperti geser ke kanan, kiri dan bawah. dan pilihlah sesuai dengan keinginkan anda. 
    Cara Mengubah Tombol Back Handphone Android
Dengan begitu kini Android anda akan lebih praktis dalam mengaksesnya.

Demikian artikel Cara Mengubah Tombol Back Handphone Android, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika terdapat kesalahan info dan penulisan, silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjung di AXOTECHNO™.

Anda juga dapat membaca artikel :