Cara Menampilkan Google Map di Dalam Website Atau Blog


Kali ini saya akan berbagi mengenai cara menampilkan google map didalam website atau blog kita.Sebenarnya sama saja dengan wikimapia, tetapi tampilan dari google map lebih sederhana. Jika pada wikimapia yang ditampilkan secara default adalah tampilan gambar foto yang diambil dari satelit, sedangkan pada google map secara default menampilkan gambar peta biasa (bukan gambar foto dari satelit).

Langkah-Langkah Dalam Menampilkan Google Map di Dalam Website Atau Blog

1. Buka google map (maps.google.com). Jika tampil seperti gambar dibawah ini, close (x) saja. 


2. Kemudian ketikkan pada kotak pencarian alamat yang ingin Anda tampilkan petanya.Semisal Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Maka akan ditampilkan suggestion alamat yang dicari. Cukup klik saja suggestion yang diberikan (jika ada). Jika tidak ada suggestion, klik icon lup.


3. Setelah kita menemukan lokasi yang dicari dipeta, klik icon gir di pojok kanan bawah halaman google map sehingga muncul list menu seperti berikut: 
    a. Share and embed map 
    b. My Places 
    c. Web History 
    d. Search Settings

4.Pilih Share and embed map. Sehingga muncul kotak pop-up yang menampilkan pilihan tab Share dan tab Embed. Karena kita ingin menampilkan google map didalam website atau blog kita, maka pilih tab Embed. 



5. Setelah muncul tampilan peta yang nantinya akan kita tempatkan didalam website atau blog kita. Dikotak pilihan ukuran peta dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita. Jika telah selesai, copy kode html pada kotak kode. Lalu tempatkan pada postingan diwebsite atau blog kita.


6. Jika kita akan menampilkannya pada sidebar web/blog, maka caranya sama dengan menampilkan pada postingan web/blog. 

7. Kemudian beralih ke website Anda. Login ke website atau blog Anda, lalu buat postingan baru. Paste-kan kode html yang didapat dari wikimapia tadi didalam kotak editor. Pastikan Anda mem-paste kode html tadi didalam editor box format html bukan WYSIWYG (visual pada wordpress, compose pada blogger). 


8. Setelah selesai mengkonfigurasi iframe dari google map di kotak editor, klik button update / publish.Sehingga tampilan google map akan muncul diwebsite / blog kita. 


Google map memang lebih sederhana daripada wikimapia. Bahkan waktu loading menurut saya lebih cepat menggunakan google map ketimbang wikimapia. Tapi kelebihan dari wikimapia adalah gambar asli foto satelit sehingga dapat menggambarkan keadaan muka bumi (peta) yang sebenarnya. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk selanjutnya terserah kepada diri Anda untuk memilih tampilan mana yang paling sreg menurut penilaianAnda. 

Demikian cara menampilkan Google Map pada website atau blog anda, jika ada salah cara, info atau penulisan, silahkan anda berkomentar dengan bijak dan tetap berkunjung di blog ini :)