Cara Membedakan Handphone Android Asli dan Palsu

Cara Membedakan Handphone Android Asli Dan Palsu - Android adalah Sistem Operasi yang banyak diminati para pengguna smartphone. Saat ini, sangat banyak provider yang menawarkan gadged Android dengan harga yang sangat tejangkau. Namun di balik itu semua diharapkan para pengguna smartphone dapat berhati-hati dalam memilih smartphone khususnya Android, dengan cara menurunkan harga yang cukup signifikan itu dapat membuat konsumen membeli produk replika atau kw. Seperti yang kita ketahui, beberapa saat yang lalu, telah ditangkap seorang pengusaha Android replika.



Agar kita tidak tertertipu dengan gadged Android palsu, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang Cara Membedakan Handphone Android Asli Dan Palsu .


1. Mengecek Menggunakan Situs Opera
Langkah pertama untuk melakukan pengecekan anda bisa membuka web browser anda dan masuk ke situs http://apps.opera.com/ dan scroll kebagian paling bawah maka akan terlihat tipe smartphone Android anda. COntohnya seperti gambar berikut :




Apabila smartphone Android anda buatan lokal atau china dan termasuk replika maka yang muncul adalah tulisan "Your device is Android Generic Android".
Apabila pengguna Sony Xperia melakukan cek dengan menggunakan cara tersebut maka akan muncul tulisan yang sama dengan diatas yaitu "Your device is Android Generic Android" Hal ini karena negara perakit Sony berasal dari China juga. Jadi cara ini hanya berlaku untuk mengecek smartphone selain buatan lokal dan china.

2. Mengecek Menggunakan AnTuTu Benchmark




AnTuTu Benchmark adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengukur dan mencatat spesifikasi smartphone Android anda. Aplikasi ini bisa anda dapatkan di google play. Setelah anda unduh segera install kemudian lakukanlah beberapa test pada Android anda dan lihatlah pada bagian Authenticated dan System Info. Anda dapat melihat spesifikasi smartphone anda di System info, setelah melihat dan mengamati spesifikasinya lalu cobalah bandingkan spesifikasi smartphone anda dengan melihat versi lengkapnya, apakah sama atau tidak spesifikasinya. Pada saat melakukan pengecekan di aplikasi Antutu ini handphone palsu atau replika juga akan terdeteksi sebagai "Unknown Device".

3. Mengecek Menggunakan Detail Camera
Cara yang satu ini terbilang cukup mudah, tapi mungkin banyak dari anda yang belum mengetahui cara ini, dengan cara melihat hasil gambar yang di ambil dari kamera smartphone anda sendiri, dengan melihat detailnya di PC/laptop
Caranya sebagai berikut : silahkan anda ambil gambar dengan menggunakan kamera smartphone Android anda, kemudian cek hasil gambar/fotonya di PC atau laptop dengan cara klik kanan pada file foto ⇨ properties ⇨ Detail ⇨ lihat di kategori Camera. Selanjutnya anda bisa menemukant tipe dan versi smartphone pada bagian itu. seperti gambar dibawah ini !



4. Mengecek Menggunakan Nomor IMEI
Langkah yang terakhir adalah dengan cara mengecek kode IMEI dengan mengetikan suatu kode rahasia yang dapat diakses langsung melalui smartphone anda.
Anda juga dapat membaca artikel Kode Rahasia Pada Smartphone Android
Silahkan tekan angka pada handphone Android anda *#06# maka akan muncul angka yang merupakan nomor IMEI handphone anda secara otomatis. Setelah itu anda dapat mengecek nomor IMEI untuk mengetahui informasi pada spesifikasi smartphone melalu situs ini kemudian masukan nomer IMEI yang sudah kalian cek, sebagai contoh : 351737058840713. Seperti gambar di bawah ini



Perhatikan:
1. Angka ketujuh dan kedelapan nomor IMEI ini adalah 05, itu menandakan ponsel tersebut diproduksi di amerika serikat dengan kualitas yang sangat baik.
2. Apabila angka ketujuh dan delapan adalah 00, itu menandakan ponsel tersebut diproduksi di Finlandia dengan kualitas yang baik.
3. Apabila angka ketujuh dan kedelapan adalah angka 02 atau 20, itu menandakan ponsel tersebut dibuat di Asia dengan kualitas yang buruk.
4. Apabila angka ketujuh dan kedelapan adalah angka 08 atau 80, itu menandakan ponsel tersebut dibuat di Jerman dengan kualitas lumayan baik.
5. Apabila angka ketujuh dan kedelapan adalah angka 03, itu menandakan ponsel tersebut dibuat di Prancis atau Canada dengan kualitas paling baik.
6. Apabila angka ketujuh dan kedelapan adalah angka 04, maka ponsel tersebut merupakan limited edition yang dibuat khusus di Korea dengan kualitas terbaik di dunia.

Catatan : Jika Smartphone/ponsel anda tidak termasuk dari salah satu angka di atas, kemungkinan besar ponsel anda palsu.

Sekian Cara Membedakan Handphone Android Asli dan Palsu, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Jika terdapat kesalahan info dan penulisan, silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjung di Axo Wuri Handayani