Cara Memindahkan Data Android Menggunakan WiFi

Cara Memindahkan Data Android Menggunakan WiFi - Proses mengirim data pada smartphone Android dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan Bluetooth. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang Cara Memindahkan Data Android Menggunakan WiFi

Disini saya menggunakan sebuah Aplikasi yang tersedia di Google Play, nama Aplikasinya adalah WiFi File Transfer. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang diantaranya adalah dapat mengirim beberapa file sekaligus, dapat mengupload folder dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Aplikasi ini juga cukup mudah untuk dikonfigurasi, yaitu dengan cara mengaktifkan Tethering Portable WiFi pada Android anda. Setelah handphone Android anda terkoneksi dengan PC pada satu jaringan hotspot yang sama, silahkan anda start program Wifi File Transfer dan akses alamat yang telah disediakan oleh Wifi File Transfer di Web Browser anda. Setelah itu anda dapat menggunakanya untuk mentransfer file dengan mudah dari Android ke Komputer anda.
Catatan : Tetapi untuk versi yang trial/gratisnya dari aplikasi ini ada batas tertentu untuk transfer file yaitu tidak melebihi dari size 4 MB. Ya jika ingin menggunakan untuk transfer file secara unlimited ada versi pro nya, tentunya untuk Aplikasi yang pro ini tidaklah gratis melainkan berbayar.

Berikut Cara Penggunaan Wifi File Transfer :

1. Langkah pertama unduh dan install Aplikasi WiFi File Transfer Disini
2. Setelah proses pengunduhan telah selesai, kemudian koneksikan Android anda pada PC/laptop atau perangkat yang ingin anda transfer pada satu jaringan wireless/hotspot.
3. Langkah berikutnya buka dan jalankan Aplikasi WiFi file transfer dan klik tombol start.
4. Selanjutnya anda akan mendapatkan sebuah alamat URL Contohnya : http://192.168.178.22:1234. Berikut adalah contoh gambarnya :


5. Langkah selanjutnya, masukkan alamat URL tersebut pada web browser (internet explorer, mozilla, chrome, dll) pada PC/laptop atau perangkat yang anda koneksikan.
6. Setelah semua proses selesai, anda dapat melakukan transfer file.

Demikian artiekl Cara Memindahkan Data Android Melalui WiFi, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika terdapat kesalahan info dan penulisan, silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjung di Axo Wuri Handayani.