Pengertian dan Fungsi Root Pada Handphone Android

Pengertian dan Fungsi Root Pada Handphone Android - Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas pengertian dan fungsi serta kelebihan dan kekurangan root. Begitu banyaknya pengguna android di dunia khususnya indonesia sehingga bermacam-macam pula tipe usernya. Ada yang punya android yang speknya biasa tapi ingin kualitas dan performa android yang bagus, ada yang ingin mengkustomisasi android, mengubah tampilan android dan lain-lain, sehingga dengan kemauan tesebut maka salah satu cara untukl merealisasikan adalah dengan cara root.

Pengertian dan Fungsi Root Pada Handphone Android

Pengertian Root
Root adalah suatu system account yang memiliki kekuasaan absolut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, command, system, dalam sistem operasi berbasis linux (termasuk android). Jadi intinya, root ini punya akses tanpa batas yang dapat mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada didalam sistem handphone kita. Nge-root artinya nge-hack sistem handphone supaya kita (pemilik dan pengguna gadget) punya akses ke account root tersebut ,jadi kitalah yang punya kekuasaan penuh pada Handphone android yang kita punya.

Fungsi Root
Fungsi root Android adalah untuk memberi hak penuh kepada para pengguna Android agar dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan Root, para pengguna dapat menambah, mengurangi hingga memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Jika dianalogikan pada sistem operasi komputer Windows,maka fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna.

Pengertian dan Fungsi Root Pada Handphone Android


Kelebihan Handphone Android yang Telah diRoot :
  1. Akses tak terbatas terhadap system Android
  2. Memindahkan instalasi aplikasi ke memory external sehingga memory internal tidak mudah penuh
  3. Bisa menghapus aplikasi-aplikasi bawaan vendor yang kurang penting sehingga bisa menghemat baterai dan mempercepat kinerja
  4. Dapat melakukan Backup aplikasi dan system sehingga ketika ingin melakukan install ulang atau reset pabrik kita tidak perlu mencari, mendownload lagi
  5. Bisa merubah tampilan melalui Instalasi custom ROM
  6. Bisa menambah kemampuan procesor dengan melakukan Overclock processor sehingga kinerja Ponsel manjadi lebih cepat


Kekurangan Handphone Android yang Telah diRoot :
  1. Garansi Handphone hilang : Semua vendor ponsel mengatakan bahwa gadget android yang telah di root maka akan hilang masa garansinya, hal ini dikarenakan dengan kita telah me-root hp android kita, kita sudah mengotak-atik file system pada sebuah gadget android sehingga vendor tidak mau bertanggung jawab apabila ada atau terjadi kerusakan gadget android yang telah di root. Namun jangan khawatir, gadget android yang sudah di root dapat dikembalikan dalam kondisi semula (unroot). Sehingga gadget android masih memungkinkan untuk mendapatkan garansi kembali.
  2. Rentan terhadap Virus dan Malware : Untuk masalah ini sepertinya anda juga harus paham, dan harus tetap waspada untuk tidak sembarangan menginstal program pada handphone android anda, dan jangan lupa untuk memasang antivirus yang dapat anda temukan dari google play seperti : avast dan lain-lain.


Demikian artikel Pengertian dan Fungsi Root Pada Handphone Android, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika terdapat kesalahan info dan penulisan, silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjung di AXOTECHNO™