Cara Memeriksa Android yang Terkena Heartbleed

Cara Memeriksa Android yang Terkena Heartbleed - Heartbleed atau ada juga yang menyebutnya heartbeat, baru-baru ini ramai dikupas di dunia maya.Heart bleed adalah sebuah celah atau bug keamanan pada OpenSSL yang mana memungkinkan seorang peretas mencuri data-data penting seperti password, kode PIN, rekening dan lainnya meski telah dienkripsi. Bug pada OpenSSL ini ditemukan setelah tim peneliti dari Universitas Michigan melakukan pemindaian jaringan server internet menggunakan tools tertentu yang tidak disebutkan namanya.

Cara Memeriksa Android yang Terkena Heartbleed

Bahkan menurut pemberitaan, hampir 70% situs web terkena dampak 'virus' heartbleed, dimana pengguna diwajibkan untuk segera mengganti kata sandi akun dan atau segera upgrade server untuk keperluan keamanan demi menembel celah yang ada.

Dampak "heartbleed" pun menyebar luas hingga ke ranah gadget, yang dalam hal ini Google mengingatkan  bahwa sistem operasi Android 4.1.x dipakai di 34 persen perangkat berbasis platform tersebut. Artinya, ada jutaan gadget Android yang rawan serangan hacker karena mengidap bug "heartbleed".

Cara Memeriksa Android yang Terkena Heartbleed

Kepala analis di firma keamanan Lookout Mobile, mengatakan bahwa beberapa versi Android 4.2.2 yang telah dimodifikasi oleh rekanan Google juga telah ditemukan terjangkit masalah serupa. Sistem operasi Android sendiri kerap kali dimodifikasi oleh para produsen gadget atau operator seluler rekanan Google untuk keperluan masing-masing. Karena itu, ada kemungkinan bahwa beberapa varian lain yang menggunakan Android di luar versi 4.1.1 dan 4.2.2 pun ikut bermasalah.

Google mengatakan sedang bekerja bersama para rekanan untuk menyalurkan patch keamanan guna menangkal "heartbleed". Selagi menunggu, Lookout Mobile telah merilis aplikasi bernama Heartbleed Detector yang bisa mendeteksi apakah perangkat Android terjangkit "heartbleed" atau tidak.

Aplikasi Heartbleed Detector, akan mengecek versi dari OpenSSL yang berjalan di Android anda, dan berdasarkan informasi tersebut anda akan mengetahui apakah Android anda terinfeksi atau tidak. Heartbleed Detector milik Lookout ini, tidak akan membersihkan atau memperbaiki masalah, karena fungsinya hanya sebagai pendeteksi apakah perangkat anda terinfeksi oleh bug ini.

Cara Memeriksa Android yang Terkena Heartbleed

Kesimpulannya Heartbleed Detector akan membantu anda menemukan apa saja yang telah diambil oleh Heartbleed di Android anda. Jika Android anda belum mendapat update patch, segera lakukan pengecekan agar anda terhindar dari Heartbleed iniSilahkan mengunduh Lookout Mobile dan Hearbleed Detector.

Demikian artikel Cara Memeriksa Android yang Terkena Heartbleed, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika terdapat kesalahan info dan penulisan, silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjung di AXOTECHNO™.

Anda juga dapat membaca artikel :
1. Cara Menghemat Baterai Pada Android KitKat
2. Cara Mengunduh Video Youtube di Android
3. Cara Install Windows XP di Android, dan
4. Cara Mengatasi Font yang Tidak Terbaca di Android