Cara Menggunakan SmartWatch di Handpone Android

Cara Menggunakan SmartWatch di Handpone Android - Bukan sekadar pintar, tapi jam tangan pintar terbaru besutan Sony ini juga memiliki kemampuan tahan air. Semakin menarik karena produk ini bisa dipasangkan dengan ponsel Android dari merek apa pun, tak hanya dari Sony.

Tren wearable gadget sepertinya akan semakin populer di masa yang akan datang. Sektor yang dulu sempat dianggap hanya sebagai gimmick ini sekarang mulai mendapat perhatian tersendiri dari para vendor raksasa di jagat teknologi.

Sony adalah salah satu brand yang cukup serius mengeksplorasi sektor ini. Keseriusan tersebut tergambar dengan dirilisnya Smartwatch 2 pada event IFA di Berlin September yang lalu.

Smartwatch 2 sendiri bukan wearable gadget pertama yang produksi oleh Sony. Sebelumnya saat masih bernama Sony Ericsson, Sony pernah merilis jam tangan pintar yang disebut dengan Live View.

Sayangnya produk tersebut kurang sukses di pasaran. Hal serupa juga terjadi pada Smartwatch generasi pertama yang tidak berhasil memikat hati para pengguna gadget.

Dengan merilis Smartwatch 2 yang telah mengalami banyak peningkatan, Sony tentunya mempunyai harapan agar perangkat ini tidak bernasib sama dengan para pendahulunya.

Fitur Sony SmartWatch 2

Cara Menggunakan SmartWatch di Handpone Android
Performa

SmartWatch 2 merupakan aksesori inovatif untuk segala gaya hidup. Performa baterai yang mengesankan membuat Anda dapat menggunakannya hingga 4 hari lamanya sebelum Anda perlu mengisi ulang dayanya. Bahan pembuatnya dirancang untuk terlihat apik dan berperforma baik di segala situasi. SmartWatch 2 selalu aktif dan ketika Anda tidak memeriksa pembaruan dan pemberitahuan, waktu ditampilkan dengan sangat jelas pada layar.

Tahan Gores, Tahan Air, dan Tahan Debu


Cara Menggunakan SmartWatch di Handpone Android

SmartWatch 2 bersifat tahan air dan tahan debu sesuai dengan peringkat Perlindungan Susupan IP57. Artinya, SmartWatch 2 dapat digunakan di segala cuaca dan dapat digunakan di dalam air selama periode waktu tertentu ( Jangan sampai terendam di air laut atau di dalam air yang mengandung segala macam bahan kimia. Penutup konektor USB mikro harus tertutup rapat ). Layar SmartWatch 2 sungguh mulus dan tahan gores.

Aplikasi untuk kehidupan


Cara Menggunakan SmartWatch di Handpone Android
Aplikasi khusus SmartWatch 2 telah dibuat oleh banyak pengembang di seluruh dunia. Ada aplikasi untuk kesehatan dan kebugaran, jejaring sosial, pemrosesan foto, produktivitas, dan berbagai macam aplikasi hiburan yang seru. Pilih aplikasi SmartWatch Anda agar pas dengan gaya hidup Anda.

Mendukung Android

Cara Menggunakan SmartWatch di Handpone Android
SmartWatch 2 berfungsi pada semua smartphone atau tablet yang menjalankan Android 4.0 atau versi setelahnya. Pembaharuan perangkat lunak tersedia seiring dengan ketersediaan aplikasi dan perangkat baru.

Tersedia Berbagai Aplikasi

Cara Menggunakan SmartWatch di Handpone Android

Di Google Play, Anda dapat menemukan berbagai macam aplikasi yang tersedia untuk aksesori nirkabel Sony ini. Semuanya, mulai dari alat produktivitas hingga aplikasi hiburan. Perluas kehidupan Android Anda dan nikmati pengalaman baru karena semakin banyak aplikasi SmartWatch yang tersedia.

Penuh Gaya dan Pilihan Warna


Cara Menggunakan SmartWatch di Handpone Android

Cara Menggunakan SmartWatch di Handpone Android

SmartWatch 2 juga merupakan jam tangan canggih yang penuh gaya. Gunakan sebagai kompas, pewaktu, stopwatch, atau kalkulator serta sebagai remote ponsel. Anda juga dapat mengubah rupa jam Anda dengan wallpaper, tema, widget, dan berbagai macam gaya jam. Seret dan jatuhkan berbagai elemen rupa jam tangan di mana Anda mau. Jam tangan pintar ini juga tersedia berbagai warna yang sangat menarik.

Dapat Compatible di Berbagai Perangkat
Tidak seperti  Galaxy Gear yang hanya bisa digunakan dengan smartphone Android besutan Samsung, Smartwatch 2 ini mampu terhubung dan berfungsi baik dengan smartphone Android apa saja. Hal ini tentunya dengan catatan smartphone tersebut minimal sudah berjalan dengan OS Ice Cream Sandwich(4.0).

Cara Penggunaanya

Aktifkan Fitur Bluetooth atau NFC

Cara Menggunakan SmartWatch di Handpone Android
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengaktifkan fungsi Bluetooth atau NFC, dengan catatan layar harus dalam kondisi aktif (tidak terkunci). Khusus pengguna Sony Xperia, pastikan aplikasi ‘Smart Connect’ yang dimiliki merupakan versi terbaru. Sedangkan untuk pengguna android lainnya, Anda bisa meng-klik play store terlebih dahulu.

Mulailah mengaktifkan Sony SW2 dengan cara menekan dan tahan tombol power di sisi kanan hingga layar hidup. Lalu, jika Anda menggunakan NFC, sentuhkan bagian belakang kedua perangkat, agar NFC bisa mendeteksi adanya kontak antar perangkat. Apabila aplikasi Smart Connect masih versi yang lama, maka sistem akan langsung membawa  Anda ke play store untuk melakukan update.

Jika Anda mengaktifkannya melalui Bluetooth, langkah selanjutnya adalah masuk ke menu setting, Bluetooth, scan Bluetooth device, kemudian pilih SmartWatch2 pada daftar yang tersedia. Lalu buka aplikasi Smart Connect. Jika koneksi berhasil, maka pada tab devices akan muncul SmartWatch2. Pilih menu tersebut untuk install aplikasi SW2 dari play store, dan Sony SW2 akan restart otomatis untuk menyelesaikan set up.

Jalankan Aplikasi Via Menu Notifikasi

Cara Menggunakan SmartWatch di Handpone Android

Langkah selanjutnya adalah menjalankan aplikasi SW2 melalui menu notifikasi. Menu ini akan menampilkan aplikasi rekomendasi yang bisa di install. Agar langsung bekerja, pilih aplikasi dari menu ‘Recommended Applications’ atau ‘Search for Application’. Terakhir, lihat pada jam tangan, aplikasi yang di install sudah muncul di layar. Yang perlu diketahui, untuk aplikasi yang bersifat interaktif, seperti sms, email, dan jejaring sosial, tampilan aplikasi hanya untuk dibaca. Sedangkan untuk telepon, pengguna tetap bisa melakukan panggilan, namun harus mengeluarkan ponsel atau memakai Bluetooth headset. Dan, saat ada panggilan masuk, tampilan pada jam tangan hanya ada pilihan “menolak”, tanpa ada pilihan untuk menerima.

Demikian artikel Cara Menggunakan SmartWatch di Handpone Android, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika terdapat kesalahan info dan penulisan, silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjung di AXOTECHNO™.

Anda juga dapat membaca artikel :